Penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran diperlukan media pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan materi dan kebutuhan siswa. Hal ini dilakukan agar mampu memberikan pemahaman materi yang tidak sekadar paham, tetapi juga memberikan pembelajaran bermakna kepada siswa. Inovasi media pembelajaran yang mudah diakses dan diterapkan menjadi hal utama dalam pembelajaran. (Djulhijjah, Noer, &Linda, 2017:3). Begitu halnya dengan pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi, misalnya aplikasi Canva. Aplikasi ini berbasis online tetapi sangat efektif dan inovatif dalam meningkatkan stimulus kreativitas dan kompetensi siswa.
Canva memiliki fitur dan template yang variasi dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi ini merupakan pemilihan media pembelajaran seuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa saat ini. Sebagai contoh siswa dapat mengaktualisasikan ide yang kemudian dikemas ke dalam aplikasi canva. Mengapa Canva? aplikasi satu ini memiliki kelebihannnya yaitu :
- Kemudahan aksesnya di berbagai perangkat
- Canva tersedia dalam versi aplikasi dan situs web
- Penyimpanannya otomatis
- Memiliki desain dan template yang menarik
- Terintegrasi dengan akun belajar
Kelebihan di atas menjadi faktor utama bahwa canva sangat tepat digunakan sebagai media menyajikan teks prosedur. Monoarfa dan Abdul (2021:1085) menambahkan Siswa akan menuangkan idenya baik menggunakan template yang sudah tersedia maupun kreativitas sendiri. Dengan demikian, pembelajaran tidak hanya tersampaikan dengan baik, tetapi juga bermakna karena berorientasi pada siswa. Dengan mengoptimalkan Canva dalam pembelajaran ini guru sudah menerapkan kurikulum merdeka yaitu pembelajaran yang sesuai dengan kodrat zaman anak.
Hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia, menyajikan teks prosedur dengan canva ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa dalam menyajikan teks prosedur sangat baik atau Cakap dan mahir dalam Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Selain itu, hasil penilaian produk menunjukkan bahwa semua siswa mampu menghasilkan produk teks prosedur menggunakan Canva dengan kategori sangat baik. Tidak hanya itu respons siswa dalam pembelajaran imi sangat baik terlohat keaktifan dan keantusiasan siswa mengerjakan dan menyelesaiakan projek dengan baik.
Referensi:
- Dzulhijjah, Putri D., et.al. “Penerapan Prezi Dekstop sebagai Media Presentasi untuk meningkatkan Belajar Siswa.” Jurna; online Mahaiswa FKIP, Universitas Riau Vol2(2) 2015.
- Monoarfa, M dan Abdul H. 2021. ”Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Komepetensi Siswa dan Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021. “Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19.Universitas Negeri Makasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar